Search Engine (Mesin Pencari)

Search Engine berarti mesin pencari, yaitu salah satu fitur yang dimiliki sebuah situs untuk mencari sebuah artikel dengan memasukan kata kunci(keyword) dan secara otomatis menampilkan artikel-artikel dalam databasenya yang cocok dengan keyword yang dimasukan.

Secara umum, search engine terbagi dalam dua tipe, yaitu :
  1. search engine yang memuat segala informasi, baik yang berhubungan dengan konten dari situs tersebut maupun situs lain.

  1. search engine yang hanya memuat informasi yang berhubungan dengan konten dari situs itu sendiri.
Contoh : www.mp3raid.com merupakan situs tentang mp3 lagu-lagu barat.

Secara default, Microsoft telah meyertakan sebuah fasilitas pencarian alamat web dalam program Internet Explorer. Perintah untuk memanfaatkan fasilitas tersebut adalah :
1.      Aktifkan program Internet Explorer, kemudian klik ikon search maka dalam jendela Internet Explorer akan muncul taskpane search.
2.      Untuk melakukan pencarian masukkan kata kunci pada kotak Search For, kemudian klik tombol Search Now.
3.      Setelah proses selesai, program Internet Explorer akan menampilkan daftar pengalaman situs yang memuat kata kunci.
4.      Ini salah satu alamat situs yang dianggap paling dekat dengan kata kunci dan klik alamat tersebut.
5.      Selanjutnya, jendela Internet Explorer akan menampilkan halaman situs yang dipilih.

 


Macam-macam search engine

A.     search Engine Google

google pertama kali dibuat memang khusus sebagai mesin pencari. Semakin lama, semakin berkembang dengan membuat beberapa layanan, seperti email, penyimpan gambar, adsence, video, dll. Meskipun fungsi utamanya sebagai mesin pencari, bukan berarti hanya mencari artikel. Banyak yang bisa kita cari melalui google diantaranya :
1.      alamat situs, disini kita dapat mencari alamat situs yang berisi tentang informasi yang kita butuhkan, beserta artikel didalamnya.

2.      gambar, di mana kita dapat mencari gambar sesuai dengan keyword yang kita ketik, termasuk di dalamnya gambar seseorang.

3.      membantu melakukan perhitungan matematika, dan menghitung penjumahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian.

4.      mencari definisi sebuah kata 

B.     Search Engine Yahoo!

Sama seperti google, situs yahoo! Merupakan salah satu situs popular dikalangan pecandu dunia maya, dimana informasi yang terdapat pada situs ini cukup lengkap. Di Indonesia, kayaknya masih jarang yang menggunakan yahoo! sebagai mesin pencari. Kebanyakan hanya memanfaatkan email atau yang lainnya. Namun, bukan bararti databasenya kurang lengkap. Jika kita tidak menemukannya di google, yahoo! bisa menjadi alternatif sebagai mesin pencari. Seperti halnya google, yahoo! juga bisa melakukan pencarian lebih fokus, seperti:
1.      mencari informasi cuaca disuatu daerah tertentu
2.      membantu anda mencari informasi lengkap mengenai suatu penyakit mulai dari gejala sampai penyembuhannya
3.      mengonversi satuan baik itu massa, volume, maupun waktu

C.     Wikipedia

Wikipedia bisa dikatan sebagai buku pelajaran online. Dengan wikipedia kita bisa dengan mudah mencari artikel dari sebuah tema maupun definisi sebuah kata. Disitus ini, kita juga diberi kesempatan berkontribusi, baik menulis artikel maupun mengedit tulisan orang lain. Tentu saja, informasi yang diberikan harus benar. Hebatnya, wikipedia sudah ada versi Indonesia. Dengan demikian, kita bisa lebih mudah mencari artikel tanpa harus menerjemahkan ke bahasa Indonesia. Caranya dengan membuka http://id.wikipedia.org.
 
>> TIK_SMP1KLATEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar