PENGERTIAN YAHOO

Yahoo: adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Yahoo dibagi atas berbagai macam diantaranya adalah :

1. Yahoo Mail

Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar[1] di Internet, dengan jutaan pengguna[2]. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.

Pada 26 Agustus 2007, versi AJAX untuk Yahoo! Mail diperkirakan sudah lengkap dan mulai menggantikan Yahoo! Mail versi lama. Pengembangan antara muka baru ini bermula pada Juli 2004, walaupun adalah mungkin prototipe lain telah dimajukan sebelum itu. Pada masa ini ia serasi dengan Internet Explorer 7 dan Mozilla Firefox serta Camino (sebagai sebagian rancangan Yahoo! untuk menaiktaraf semua tampaknya supaya serasi dengan Firefox[3]). Walaupun dapat digunakan melalui Opera dan Safari, terdapat sedikit masalah pada pengaturan letaknya.





2. Yahoo Koprol

Koprol, atau sekarang yang dikenal dengan Yahoo! Koprol, merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia. Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Di sini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS (Global Positioning System) tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.

Di Indonesia kota-kota yang sudah dapat menikmati aplikasi ini adalah Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Surakarta, Sidoarjo, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Bengkulu, Medan, Banda Aceh, Palembang, Makassar, Balikpapan, Cirebon, Papua, serta manca negara seperti Singapore, Houston, Indianapolis.Daftar isi [sembunyikan]

Awal Pendirian

Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Ada pun tim Koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager. Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol. Ini juga mengagetkan SkyEight yang merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak, di mana Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto turut bergabung. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite. Koprol menggunakan spesifikasi teknologi ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5 pada server nya. Bentuknya seperti mikroblog yang sedang marak belakangan ini. Mikroblog secara singkat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya.
Arti Nama Koprol

Kata Koprol yang dipilih sebagai nama jejaring sosial ciptaan Satya Witoelar, Fajar Budiprasetya, dan Daniel Armanto memiliki arti orang gelinding yang kemudian diartikan oleh mereka sebagai perpindahan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Ini dirasa sesuai dengan target pengguna Koprol yang merupakan orang yang mobile.
Pengelola Koprol

Pendiri:
Fajar Budiprasetyo (Chief Executive Officer)
Satya Witoelar (Chief Executive Officer)
Daniel Armanto (Chief Executive Officer)

Tim Pelaksana :
Widi Harsodjo sebagai Pemimpin Software Engineer
Le Vady Sinarta sebagai Pemimpin Software Engineer
Aulia Amalia sebagai Software Engineer
Ronald Savianto sebagai Software Engineer
Ary Suryawan sebagai Software Engineer
Aryo Kresnadi di bagian Pengembangan Bisnis
Wieky Azza Mahfresya di bagian Pengembangan Web
Gifika Puspasari di bagian Keuangan

Kantor pusat Koprol terletak di Jl. Radio 1/25, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130, Indonesia.
Misi Koprol

Koprol ingin membantu penggunanya untuk menemukan orang-orang dan tempat-tempat baru dan menarik di dunia
Target Pengguna

Target pengguna dari Koprol adalah kalangan muda yang mobile (suka berpergian) dan tidak lepas dari internet. Karenanya, para pengguna smartphone dan mobile internet device lainnya yang bisa senantiasa tersambung dengan jaringan koneksi menjadi target dari jejaring sosial ini. Hal ini dimaksudkan agar pengguna bisa senantiasa melakukan update Koprol dan bertukar informasi dengan pengguna Koprol lainnya ketika dia berpindah tempat atau lokasi.
Penggunaan

Setelah memiliki akun di Koprol, pengguna dapat mengoperasikannya tiap berada di suatu lokasi. Saat masuk ke dalam Koprol, pengguna akan memilih lokasi tempat pengguna berada. Kemudian pengguna akan mengisi status yang memungkinkan pengguna untuk saling bertukar informasi dengan pengguna Koprol lainnya. Pengguna dapat mengetahui dimana pengguna lain berada dengan cara bertukar status, foto, dan bahkan video. Tetapi karena versi kali ini masih dalam bentuk beta, keleluasaan pengguna masih terbatas karena harus mendapat undangan dari pengguna lain, baru kemudian dapat membuat akun di Koprol. F.A-2415 Rincian yang terdapat di Koprol adalah sebagai berikut :
Menu

Dalam Koprol terdapat menu yang disediakan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna:
Home

Tempat di Koprol yang menampilkan seluruh aktifitas terakhir semua pengguna yang sedang berada di lokasi yang sama dengan pemilik akun yang bersangkutan. Selain itu, home juga menampilkan seluruh aplikasi yang dimiliki Koprol. Home merupakan halaman yang paling sering dikunjungi.
Profil Pengguna

Menampilkan nama pengguna, alamat website , serta foto diri yang berguna untuk pengguna lain mengidentifikasi siapa pemilik akun tersebut.
Friends

Menampilkan profil-profil pengguna Koprol lain yang telah menjadi teman dengan pengguna yang bersangkutan. Menyerupai fitur yang dimiliki oleh Twitter, pada Koprol, menu friends terdapat 4 tab, yaitu : Followers , berisi pengguna lain yang mengikuti perkembangan pengguna yang bersangkutan; Following , berisi pengguna lain yang dipilih oleh pengguna bersangkutan untuk diikuti perkembangannya; serta Entourage yang merupakan pengguna Koprol yang sifatnya sudah akrab dan dekat. Pengguna dapat menentukan sendiri siapa yang akan dimasukkan ke setiap katagori yang tersedia tersebut.
Lokasi

Menampilkan tempat-tempat di mana pengguna sering kunjungi, dan merupakan tujuan favorit pengguna tersebut. Terpilihnya lokasi tertentu menjadi lokasi favorit dapat dilihat dari mana saja biasanya seorang pengguna masuk ke Koprol. Lokasi favorit seorang pengguna dapat dijadikan bahan diskusi dengan pengguna Koprol lain.
Alerts

Fasilitas ini digunakan untuk mengingatkan pengguna untuk memeriksa apakah ada permintaan pengguna Koprol lain untuk menjadi teman baru pengguna. Dengan demikian, proses penambahan teman dapat berlangsung cepat.
People Search

Berfungsi untuk mencari pengguna lain yang pengguna ketahui detail informasinya, seperti nama layar atau nama lengkapnya.
Invite

Digunakan untuk mengundang teman-teman pengguna Koprol yang bersangkutan. Disini selain menggunakan alamat e-mail pengguna, alamat yang dicari dapat bekerjasama dengan Facebook dan Twitter, yaitu dengan menggunakan kontak di akun Facebook atau Twitter kita untuk kemudian dikirimkan undangan lewat surat elektronik agar dapat ikut bergabung di Koprol. Selain dari akun Facebook maupun Twitter, alamat e-mail teman-teman pengguna juga bisa disalin dari daftar kontak akun e-mail yang dimiliki pengguna. Fasilitas ini berlaku untuk Yahoo Mail dan Gmail.
 Messages

Mengirim pesan langsung ke pengguna lain dengan memulai post dengan 'to' diikuti dengan titik dua dan nama pengguna yang dituju. Sifatnya pesan ini khusus sehingga tidak dapat dibaca oleh publik (pengguna lain yang bukan teman si pengguna).
People You Follow

Terdapat di halaman depan, memperlihatkan teman pengguna serta pengguna Koprol lain yang berada di lokasi yang sama. Sejak diakuisisi oleh Yahoo di tahun 2010, istilah Friends & Nearby berganti menjadi People You Follow.
Me and My Friends

Dalam fitur ini, timeline yang terdapat di Home kita akan terfilter dalam 2 ( dua ) pilihan, yaitu Commented dan Mentioned . Pada pilihan Commented akan muncul tulisan pengguna yang telah diberikan komen oleh pengguna Koprol lain, sedangkan di pilihan Mentioned , akan muncul tulisan-tulisan dari pengguna Koprol lain yang menulis nama pengguna yang bersangkutan. Dan di frame sebelah kanan terdapat list teman, random tip berisi tips yang dimasukan oleh pengguna lain sehubungan dengan kegiatan konsumerisme , dan review from friends berisi ulasan dari berbagai lokasi yang telah dikunjungi teman pengguna.
 Fitur Ponsel

Pengguna Koprol pasti akan lebih sering menggunakan Koprol lewat ponsel, karena pengguna merupakan orang yang dinamis.Aplikasi yang sangat berguna bagi pengguna ponsel adalah:
Auto Check-in

Merupakan cara singkat untuk masuk log sekaligus memilih tempat di mana pengguna berada. Fitur ini dapat digunakan saat pengguna butuh mengakses lokasi di mana dia berada secara cepat.
Peta Navigasi

Peta yang menunjukkan lokasi tempat pengguna berada, akan muncul sama seperti selayaknya pengguna sedang menggunakan Koprol di PC. Yaitu gambar peta daerah di mana pengguna masuk log, dan diperlihatkan daerah sekitarnya juga, sehingga dapat berfungsi sebagai penunjuk arah.
Koprol di BlackBerry

Aplikasi ini memungkinkan para pengguna BlackBerry untuk mendapatkan kemudahan dalam memakai Koprol sesuai fitur yang tersedia di BlackBerry. Penggunaannya dapat langsung menggunakan BlackBerry browser dengan menambahkan m didepan tulisan Koprol.com, seperti : m.koprol.com Werdehel merupakan nama dari aplikasi yang disediakan Koprol untuk Blackberry. Fungsi Werdehel ini sendiri adalah untuk mendeteksi keberadaan pengguna Blackberry dan memberikan daftar tempat-tempat yang ada di sekitar pengguna Blackberry tersebut. Saat pengguna Blackberry meng-klik salah satu daftar tempat tersebut, pengguna akan diarahkan ke halaman mobile Koprol biasa, di mana pengguna bisa melakukan check-in dan juga meng-update status.
] Penayangan ke Twitter

Pengguna Koprol diakomodir untuk dapat mengirim status ke Twitter. Dengan cara Twitter yaitu menggunakan simbol dash (#).Sistem ini sama dengan saat penggunaan Twitter biasa, sehingga pengguna Twitter dapat juga menggunakan Koprol pada saat bersamaan.
Penayangan ke Facebook

Pengguna yang memiliki akun di facebook dapat memperoleh informasi dari Koprol, serta sebaliknya lewat aplikasi wall di facebook. Lewat wall ini, setiap pembaruan di akun koprol pengguna akan diinformasikan lewat Facebook yang memungkinkan persebaran informasi tentang Koprol di dunia Facebook. Selain lewat wall , status pengguna Koprol dapat secara otomatis memperbaharui status di Facebook, setelah terlebih dahulu mengatur pengaturannya di Facebook.
Jaringan Konsumen

Dengan sifat location-based yang menonjolkan tempat-tempat komersil, para pengguna Koprol akan lebih membicarakan jasa lokal saat di Koprol. Dan dengan itu akhirnya bisa dikatakan network of consumers, karena berbagi informasi dan ulasan mengenai hal-hal konsumerisme.
Kelebihan dan Kekurangan Koprol

Berikut adalah kelebihan (keunggulan Koprol dari jejaring sosial lainnya) dan kekurangan (kelemahan Koprol dilihat dari fungsinya dan juga perbandingan dengan jejaring sosial sejenis lainnya):
Kelebihan Koprol
Dengan Koprol, pengguna bisa mengulas lokasi-lokasi yang mereka kunjungi. Lokasi yang bisa di-update tidak hanya sebatas restoran, kafe, atau mal, namun juga kota, tempat publik, dan lain sebagainya.
Pengguna bisa mengetahui siapa-siapa saja pengguna Koprol lain yang sedang berada di lokasi sekitarnya.
Dengan adanya fitur Yahoo! Maps pada jejaring sosial ini, pengguna Koprol dimudahkan untuk mengetahui lokasi tempat dia berada.
Kekurangan Koprol
Database tempat-tempat yang tersedia masih belum terlalu banyak. Namun demikian, pengguna bisa menambahkan tempat-tempat yang sering dikunjungi dengan melalui form feedback.
Akuisisi

Pada 25 Mei 2010, Yahoo mengumumkan telah mengakuisisi Koprol dengan nilai yang tidak disebutkan jumlahnya. Pada akuisisi ini, seluruh aset teknologi yang dimiliki Koprol beserta 11 orang karyawan Koprol, termasuk para pendiri Koprol, ditarik menjadi bagian dari Yahoo. Akuisisi ini akan menguatkan posisi Yahoo dalam meraup pangsa pasar yang lebih luas lagi di Asia Pasifik maupun di kancah internasional. Kecanggihan layanan berbasis lokasi yang diamini Yahoo lebih baik ketimbang Foursquare menjadi alasan akuisisi ini. Sedangkan dari pihak Koprol sendiri, akuisisi ini diterima dengan baik karena dirasa akan menguntungkan Koprol. Hal ini tidak lepas dari power yang dimiliki Yahoo yang bisa membuat Koprol melangkah ke level yang lebih tinggi lagi.

Sebenarnya kontak antara Yahoo dengan Koprol sendiri sudah mulai terjadi sejak menjelang acara Yahoo Open Hack Day 2009 yang diadakan pada tanggal 21-22 November 2010 di Balai Kartini Jakarta. Yahoo Open Hack Day adalah acara yang diadakan oleh Yahoo untuk memperkenalkan Yahoo! Developer Tools seperti Yahoo! API ke para pengembang web di Asia Tenggara. Saat itu Koprol menjadi salah satu mitra lokal Yahoo yang menggunakan beberapa teknologi API (Application User Interface) Yahoo seperti misalnya: Yahoo Fire Eagle, Yahoo Login, dan Yahoo Contacts. Koprol sendiri merupakan jejaring sosial asli Indonesia yang pertama diakuisisi oleh Yahoo.
 Peningkatan Koprol setelah diakuisisi Yahoo

Setelah bergabung dengan Yahoo, Koprol mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini disampaikan oleh Satya Witoelar pada Selasa, 10-8/20 10, kurang lebih tiga bulan setelah akuisisi. Peningkatannya yaitu:
More phones

Semakin bertambahnya perangkat telepon genggam yang menggunakan aplikasi Koprol, tidak sebatas smartphone saja. Hal ini didukung oleh adanya aplikasi Java ME (sebelumnya dikenal dengan J2ME) yang diluncurkan oleh Koprol bulan Agustus kemarin. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna Koprol yang tidak memiliki smartphone juga dapat mengakses Koprol melalui perangkat telepon genggam mereka. Selain itu, Koprol juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan telepon genggam, seperti Nexian dan Nokia. Dengan adanya kerja sama ini, pemilik telepon genggam Nexian dan Nokia tipe tertentu dapat mengakses Koprol dengan lebih mudah dari telepon genggam mereka karena terdapat aplikasi Koprol di telepon genggam tersebut.
More places

Fitur kurator yang ditambahkan dalam aplikasi Koprol membuat pengguna dapat menambahkan tempat-tempat sesuai dengan syarat yang berlaku. Selain itu, fitur Geo Techno yang juga turut ditambahkan membuat pengguna dapat melakukan update Koprol walaupun sedang tidak berada di Indonesia. Berkat fitur ini, Koprol dapat menjangkau seluruh dunia.
More people

Berkat nama besar Yahoo serta aktifitas promosi besar-besaran yang dilakukan oleh Yahoo setelah akuisisi, Koprol berhasil menarik lebih banyak orang untuk bergabung dalam jejaring sosial ini. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya data pengguna Koprol. Pada awal bulan September 2010, kurang lebih tiga bulan setelah akuisisi, pertumbuhan pengguna baru Koprol mencapai kurang lebih 350.000 orang. Dengan demikian, jumlah pengguna Koprol sampai dengan awal bulan September 2010 sudah mencapai kurang lebih 500.000 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar