Pengertian dan Perbedaan Virus, Worm, Trojan, Backdoor dan Phishing

Sejak setiap komputer terhubung dengan Internet, program-program perusak menyebar dengan cepat. Selain itu, muncul tipe-tipe baru yang belum pernah ada sebelumnya. Batas-batasnya juga sering tidak jelas. Ada program perusak yang sekaligus merupakan virus, worm, dan trojan.

Definisi klasik Pengertian dan Perbedaan antara Virus, Worm, Trojan, Backdoor dan Phishing adalah sebagai berikut :
Virus
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.
Virus komputer menyebar di dalam komputer dan menjadi aktif ketika sebuah program dijalankan atau komputer diboot. Virus hanya dapat pindah dari satu komputer ke lainnya melalui media seperti disket, CD, atau attachment e-mail. Kebanyakan virus mendeaktivasi fungsi-fungsi penting atau menghapus data.
Worm
Berbeda dengan virus, WORM menyebar secara mandiri melalui jaringan/LAN ataupun Internet. Untuk itu, ia menggunakan alamat-alamat dalam address book program e-mail, atau memanfaatkan celah keamanan Windows. Ia berisi program perusak yang berperilaku seperti virus.
Trojan
Program ini menyamar sebagai aplikasi berguna, tapi tanpa diketahui menimbulkan kerugian. Sasaran: Data-data sensitif seperti nomor kartu kredit atau kode akses untuk online banking. Data-data tersebut dikirimkan ke programmer trojan.
Backdoor
Bagian dari trojan yang membuka “pintu belakang” pada PC sebagai akses untuk hacker. Sebagian hacker bahkan berhasil mendapatkan kendali penuh atas PC dengan menggunakan backdoor ini.
Phishing
Melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli, pengguna diminta memberikan data sensitif seperti kode akses rekening bank. Hati-hatilah, karena bank dan lembaga lainnya tidak pernah meminta data penting semacam itu melalui e-mail. Saat menggunakan online banking, pastikan alamatnya sama persis dengan yang biasa Anda gunakan.
Note : Virus dan varian di atas hanya beberapa dari sekian banyak aplikasi sejenis yang otakkacau sebutkan dari sistem kerja dan penyebarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar